UKM Central Computer Improvement (CCI) | Ormawa ICT Telkom University

Bandung, Students Tel-U – Namanya sedikit panjang, bahasa asing pula, Central Computer Improvement atau biasa disingkat CCI. UKM ini berdiri pada tanggal 13 Maret 2004 yang berawal dari gagasan sekelompok mahasiswa STMB Telkom Gegerkalong (sekarang menjadi Fakultas Ekonomi & Bisnis) yang berfokus pada perkembangan teknologi.

Logo UKM CCI

Logo UKM CCI

Setelah pemekaran Universitas Telkom tahun 2013, CCI resmi menjadi UKM Universitas dengan penggabungan antara CCI dengan Polkom Zone dari Fakultas Ilmu Terapan. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan CCI bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai teknologi bagi mahasiswa/mahasiswi universitas Telkom serta bagi lingkungan sekitar.

CCI Kepengurusan 2014-2015

CCI Kepengurusan 2014-2015

Grid JPEG

Ada enam divisi ilmu yang dapat kamu pelajari dalam CCI. Baik mau fokus ke salah satu atau bahkan mengikuti semuanya. Perkenalkan…

Divisi Data Research
statistik

Big data, Infographic Research, itu adalah sebagian dari kegiatan mereka. Divisi ini memiliki fungsi sebagai pencari informasi unik. Produk-produk yang telah mereka buat seperti berbagai poster tentang informasi data pengguna sosmed di Universitas Telkom.

Divisi Data Research juga pernah mengadakan seminar ‘Big Data’ dimana ilmu tersebut masih sangat jarang dimiliki oleh mahasiswa. Kamu akan mengerti bahwa setiap data yang dipost oleh orang-orang di dunia maya memiliki nilai sebagai informasi penting jika kamu bergabung dengan divisi ini.

Divisi ini cocok buat kamu jika : kamu seorang techno-analyst atau bahasa gaulnya tukang kepo, tertarik dengan infografis, suka analisis data

Divisi Web Development
webdevelopmentbanner

Divisi ini punya tingkat kemampuan pembuatan website tingkat mahir. Bayangkan saja, baru tahun pertama kuliah, para anggota web dev yang baru bergabung kurang dari satu tahun sudah bisa menjadi pemateri di kegiatan rutin mereka, Workshop Pembuatan dan Desain Website di Universitas Telkom.

Dibekali senior-senior dengan ilmu mapan dan sangat kooperatif dalam share ilmu sudah dipastikan kamu bakal betah belajar HTML, Java, CSS, dan lainnya.

Divisi ini cocok buat kamu jika : kamu punya minat untuk bikin website sendiri, salah satu mahasiswa Fakultas Teknik, suka utak-atik blog, wordpress

Divisi Design
Graphic-Designer1

Seperti namanya, divisi ini berorientasi kepada ilmu desain baik itu animasi, grafis, motion, dan lainnya. Kegiatan rutin mereka seperti tutorial internal, pengadaan workhsop desain, keikutsertaan dalam lomba, dan lain-lain. Anggota-anggota di dalam divisi ini memiliki keahlian yang beragam soal desain.

Hampir seluruh produk Adobe mereka bisa kuasai baik grafis seperti photoshop, indesign, illustrator, lightroom,    maupun motion seperti after effect, premiere. Bahkan animasi 3D seperti 3Dsmax dan blender. Jadi jangan takut untuk belajar segalanya tentang desain dengan mereka.

Divisi ini cocok buat kamu jika : kamu tipikal orang kreatif, punya hobi seni yang ingin dikembangkan, termasuk mahasiswa Fakultas Industri Kreatif (FIK)

Divisi Media Management
logo students-cci

Divisi inilah yang menghandle seluruh media online yang dimiliki CCI. Seperti facebook, twitter, youtube, hingga akun line. Kalau kamu sering cari-cari info tentang seputar kampus, kamu pasti sudah hapal betul dengan portal berita yang sedang kalian buka ini, studentstelkomuniversity.com.

Yap portal berita Students merupakan salah satu produk dari divisi media management. Pendirinya sendiri sudah lulus dan buka usaha lele di Magelang.

Keuntungan yang bisa kalian dapatkan dari divisi ini adalah kamu bisa belajar ilmu mengenai jurnalistik walaupun kamu tidak punya dasar sama sekali, ketemu dengan petinggi kampus, liputan di acara-acara keren kampus plus gratis masuk dan makan.

Divisi ini cocok buat kamu jika : Kamu punya bakat jurnalistik, suka nulis, punya kepribadian supel dan sosialis, ngebet punya banyak temen,

 Divisi Networking
sydney-business-computer-network-service

Divisi Networking memiliki kegiatan rutin mulai dari belajar dasar jaringan, pengamanan jaringan, pengetesan keamanan jaringan, sampai percobaan hacking website. Penulis juga berterima kasih kepada anggota networking karena telah menjaga keamanan jaringan pada saat Electronic Vote (E-Vote) Fakultas Ekonomi Bisnis berlangsung.

Divisi ini cocok buat kamu jika : Kamu punya minat di bidang jaringan, ingin jadi hacker positif, salah satu mahasiswa Fakultas Ilmu Terapan dan Teknik,

 

Divisi Games & Gadget
game

Divisi ini yang paling fun deh pokoknya. kegiatan rutinnya seperti review game-game yang baru muncul, tes play game-game baru, sampai sparring/battle game antar anggota. Tanya saja ke mereka apapun jenis PC-game yang kamu mau, mereka pasti langsung jawab “ada kok, mau? nih copy harddisk”.

Divisi ini telah berdiri hingga 3 masa kepengurusan sampai muncul nama-nama master game seperti Kak Dito, Kak Prada, hingga Kak Bagus dan Trio RIF (Rizki Imam Fikri). kira kira siapakah yang menjadi master game selanjutnya ? bisa saja kamu!

Disisni tak hanya mendapatkan segudang pengalaman dalam berorganisasi, tetapi UKM ini juga mempersiapkan anggota-anggotanya menjadi mahasiswa yang lebih unggul di bidang Teknologi dan Informasi.

Dengan bukti hampir seluruh lulusan baik IM Telkom maupun Universitas Telkom yang pernah mengabdi kepada CCI memiliki karir yang nomero uno. (mrn)

Keyword(s) :

Komentar

  • iamthekidyouknowwhatimean

    Divisi game vakum?

    Whywhywhywhy 🙁

    Pantesan ga ada di UKM kemaren

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *